Dari Wawancara Virtual: Puskesmas Sawan I Siap Menuju WBK/WBBM

Quotation:
“Kami berkomitmen menjadikan Puskesmas Sawan I sebagai role model pelayanan publik yang bersih, cepat, dan transparan. Zona Integritas bukan hanya label, tetapi budaya kerja yang terus kami bangun bersama,” ujar dr. Rosiawati.
Sangsit, SINARTIMRU.co.id – UPTD Puskesmas Sawan I terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Hal ini dibuktikan dengan keikutsertaannya dalam wawancara virtual bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).
Wawancara yang berlangsung melalui via zoom tersebut dipusatkan di ruang rapat Puskesmas Sawan I, Selasa (26/8/2025). Kepala Puskesmas Sawan I. dr. Luh Putu Rosiawati beserta seluruh tim hadir untuk memaparkan berbagai inovasi, capaian, serta strategi yang telah dilakukan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang transparan, akuntabel, dan bebas pungutan liar.
Dalam paparannya, dr. Rosiawati menekankan pentingnya reformasi birokrasi di lini pelayanan dasar kesehatan. Dukungan 52 tenaga kesehatan dan non-kesehatan yang terdiri dari dokter umum, dokter gigi, bidan, perawat, tenaga farmasi hingga sanitarian, menjadi kekuatan utama dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat.
Selain memperkuat tata kelola pelayanan, Puskesmas Sawan I juga menghadirkan sejumlah inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan. Inovasi tersebut mencakup penguatan pelayanan promotif dan preventif, peningkatan kualitas gizi masyarakat, serta pemanfaatan teknologi informasi dalam sistem administrasi dan pelayanan pasien.
Pembangunan Zona Integritas berfokus pada pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik melalui berbagai area seperti manajemen perubahan, tata laksana, manajemen sumber daya manusia, akuntabilitas kinerja, pengawasan, dan kualitas pelayanan.
“Keikutsertaan dalam wawancara ini bukan hanya sekadar tahapan penilaian, tetapi juga momentum untuk terus berbenah dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Kami berkomitmen menjadikan Puskesmas Sawan I sebagai role model pelayanan publik yang bersih, cepat, dan transparan. Zona Integritas bukan hanya label, tetapi budaya kerja yang terus kami bangun bersama,” ujar dr. Rosiawati.
Melalui proses ini, Puskesmas Sawan I diharapkan mampu lolos penilaian menuju WBK/WBBM serta menjadi teladan bagi puskesmas lain di Kabupaten Buleleng dalam mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas layanan publik di sektor kesehatan.
Editor: Francelino
Sumber: Humas Pemkab Buleleng